Chit-Chat

Open Cbox

coretan warna warni hidup penulisnya..

Rabu, 23 Januari 2008

Tipe Schizophrenia dan Traumaku...

Ohoy!! Belom abis juga bahasan soal gangguan psikotik nyang satu ini nih… di bagian ini aye bakal ngungkapin 4 tipe schizophrenia nyang ade.. coba aje di simak… lagi” kali aje ada yang cucok ma kamu… wehehehe… kagak ding..

Schizophrenia biasanya dibagi menjadi 4 tipe, yaitu : simplex, hebephren, katatonik, dan paranoid. Dalam hal ini masih terdapat permasalahan, yaitu apakah tipologi tersebut sifatnya kaku. Sebab, pada kenyataannya seringkali simptomnya berubah atau berpindah dari satu tipe ke tipe lainnya, misalnya mula-mula hebephren kemudian menjadi kataton, dan seterusnya.
1. TIPE SIMPLEX (DEMENTIA SIMPLEX)
Simptom utamanya adalah apatis, yaitu seolah tidak memiliki kepentingan untuk diri sendiri. Bahkan, sering harus diberikan pengertian tentang hal-hal yang menjadi kebutuhannya. Penderita biasanya berkeinginan untuk berbaring, malas-malasan, jorok, tidur-tiduran, jarang mandi, motorik lamban, dan jarang berbicara. Sering berperilaku yang amoral, misalnya memaki-maki orang yang sedang lewat, memainkan alat kelaminnya.
Individu pada waktu normal adalah anak yang baik, dimana prestasinya cukup baik, perilakunya menyenangkan. Hal tersebut terjadi karena individu tidak mempunyai cukup energi untuk menentang orang lain atau orang tua sehingga hanya bisa menurut. Energi lemahnya tersebut ditampilkan dalam bentuk apatis (kelesuan).
Individu tidak memiliki ambisi untuk mendapatkan pemuasan (tidak mau apa-apa), yang apabila dipaksakan untuk melakukan sesuatu seringkali muncul reaksi agresi (marah), dan apabila hal tersebut semakin dipaksakan maka biasanya individu akan jatuh sakit.
2. TIPE HEBEPHREN
Pada tipe ini terjadi disintegrasi emosi, dimana emosinya bersifat kekanak-kanakan, ketolol-tololan, seringkali tertawa sendiri kemudian secara tiba-tiba menangis tersedu-sedu. Terjadi regresi total, dimana individu menjadi kekanak-kanakan. Individu mudah tersinggung atau sangat irritable. Seringkali dihinggapi sarkasme (sindiran tajam) dan menjadi marah meledak-ledak atau explosive tanpa sebab. Pembicaraannya kacau, suka berbicara berjam-jam. Pada awal gangguan seringkali komunikatif, tetapi lama-kelamaan komunikasinya menjadi tidak karuan (inkoheren), yang bahkan sampai akhirnya individu tidak komunikatif.
Terjadi halusinasi dan delusi yang biasanya sifatnya fantastis, misalnya : ada vampire yang menyedot darahnya, dan sebagainya. Cara berpikirnya kacau. Hal tersebut terlihat dari cara berbicaranya yang tidak karuan. Tulisan/Graphis yang dibuatnya bersifat kacau, dimana terjadi regresi, yaitu bersifat kekanak-kanakan.
3. TIPE CATATONIC
Dibandingkan dengan tipe jenis schizophrenia lainnya, tipe catatonic ini serangannya berlangsung jauh lebih cepat. Aktivitasnya jauh berkurang dibandingkan waktu normal. Pada individu terjadi stufor, dimana individu diam, tidak mau berkomunikasi, kalau berbicara suaranya monoton, ekspresi mukanya datar, makan dan berpakaian harus dibantu dan sikap badannya aneh yaitu biasanya tegang/kaku seperti serdadu dan biasanya dipertahankan untuk waktu yang lama. Catatonic stufor ini terdapat dua bentuk, yaitu:
(1) rigid, dimana badan menjadi sangat kaku, bisa seperti bentangan di antara dua benda,
(2) chorea-fleksibility, dimana badannya menjadi lentur seperti lilin dan posisinya dapat dibentuk.
Penderita schizophrenia catatonic yang parah biasanya ditempat tidur, tidak mau berbicara, jorok, makan-minum dipaksa, dan apabila mata terbuka biasanya akan terpaku pada satu titik, tidak berkedip, dan ekspresi kosong.
Perkembangan selanjutnya yaitu setelah beberapa minggu atau beberapa bulan, terjadi catatonic excitement dimana penderita menunjukkan suatu gerakan tertentu dalam waktu yang lama dan kemudian secara ekstrem berubah sebaliknya. Misalnya, berbaring menghadap tembok kiri dalam waktu yang lama dan kemudian menghadap tembok kanan. Penderita bersikap negatif (negatifistic), dimana penderita tidak ada interest sama sekali terhadap sekelilingnya, tanpa kontak sosial, dan membisu dalam waktu yang lama.
4. SCHIZOPHRENIA PARANOID
Simptom utamanya adalah adanya delusi persecusion dan grandeur, dimana individu merasa dikejar-kejar. Hal tersebut terjadi karena segala sesuatu ditanggapi secara sensitif dan egosentris seolah-olah orang lain akan berbuat buruk kepadanya. Oleh karena itu, sikapnya terhadap orang lain agresif. Delusi tersebut diperkuat oleh halusinasi penglihatan dan pendengaran, misalnya terlihat wajah-wajah yang menakutkan, terdengar suara mengancam, dan sebagainya sehingga timbul reaksi menyerang atau agresi karena terganggu. Hal-hal tersebut juga bisa mendorong penderita untuk membunuh orang lain atau sebaliknya bunuh diri, sebagai usahanya untuk menghindari delusi persecusion. Terdapat kecenderungan homoseksualitas, dimana penderita laki-laki akan mengancam laki-laki dan penderita perempuan akan mengancam perempuan.
Adanya delusion of grendeur dapat menimbulkan delusion of persecusion, dimana individu menganggap orang lain cemburu kepada kepintarannya, kekayaannya, kepopulerannya, kecantikannya, kedudukan sosialnya, dan sebagainya. Pada penderita timbul "Ideas of Reference", yaitu terjadi percampuran antara waham dan halusinasi dengan kecenderungan untuk memberikan impresi/nuansa pribadi terhadap segala kejadian yang dialaminya. Misalnya, suara klakson mobil di jalan depan rumah, dianggapnya sebagai terompet tanda penyerbuan terhadap dirinya segera akan dimulai (Coleman, 1976; Kartono, 1989).

Nah itu dia tuh tipe” yang ada slama ini… kalo ada yang punya brita ada tipe lain lagi yang baru ditemuin jgan lupa feedback ke aye yah… Ada yang mo tau lebih lanjut ato ada yang pengen diskusiin ato kurang jelas boleh juga kasih komen ato apapun lah, aye terima dengan lapang hati…
Oh iyeehh… sdikit curhat neh… aye punya kesan ma salah satu tipe schizophren yang baru aje dibahas ennih… lebih jelasnx sih tipe nyang terakhir… Jeng-jeng-jeng!! Tak lain tak bukan tipe yang paling manis dan agak spooky gimana gitu… SCHIZOPHRENIA PARANOID… Duh gimana yah…. Tipe ini serasa deket banget ma aye nih… delusinya yang serasa dikejer-kejer… ky pengen dibunuh, diikutin mulu gitu… yang bawaannx pengen ngumpet aja… pengen nyamar… curigaan g ada sebab gitu… smpe tiba-tiba ada suara” yang bikin males aja bawaannx… nyuruh” ngbunuh lah, ngetawain lah, macem-macem dah… itu semua tuh trasa akrab banget gitu deh buat aye… ada apa gerangan???
Aye curiga nih… bukan aye aje yang ngrasa akrab ma hal” nyang satu ennih… pastinya, temen” aye yang ingatannya masih pulih juga pasti pada tau nih.. dan ngerasa deket banget gitu karena senasib ma aye… Gimana kg.. Lha wong ni tipe tuh dengan manisnx nangkring di pilihan jawaban waktu kita lagi ujian akhir kemaren… ngedip” manja minta disilang aja… Yo’ehh… Ni tipe emang masuk di ujian aye nih… untungnya hal” yang berbau schizophrenia itu akrab banget ma aye… serasa ce-es lama lah! Aye mah tinggal manggil aja memori aye ttg nih bahan! Lho kok bisa?? Pasti pengalaman pribadi nih??? (angguk-angguk-geleng-geleng)
Ya elahh… jangan buru” nge-cap aye demikian atuh… jahat amat… kebetulan ajeh sang dosen nyang baeek ati ntu ngasih tugas ini ke kelompok aye… bahannx macem” dikerjain pas liburan puasa gituh.. banyak banget sumpeh.. sampe” ane jadi ngerasain juga tuh gjala” nyang ada… imbasnya sih lumanyannn… Cuma bedrest dowang di kamar adek aye nyang aye tumpangin selama aye mudik ke palembang… oalah… dunia tuh serasa berputar-putar waktu aye ngbacain bahan” yang bejibun numpuk di folder lepi aye.. ngbacain satu” dgn sabar dan telaten… yah gitu dah critanye mpe nih gangguan lengket banget di otak aye…
Klo gak salah inget.. waktu ntu pernah tu aye lagi ngborol ma temen aye yg lagi kangen”an ma aye di rumah palembang (idiyh jijay… ada jg yg ngangenin aye). Kita lagi ngobrolin hal yg rada privacy gitu… pokoknya orang” pd kg boleh tau lah… secret yang ini mah… iye… sebenernx cuman ngobrolin soal hal” yang g biasa aja ditanyain cowok klo ketemuan ma cewek gitu… hal paling sensitip gitu… Gini nih… dia Tanya ma aye… “Chan emangnye tipe pasangan idup lo nantinya tuh nyang ky gimane sih???” Tuh… pertanyaan paling special kan?? Gak biasa ditanyain cowok” kan?? Kg boleh dibahas sembarangan kan?? Emang iyah kan??
Nah waktu itu sih aye dengan kalemnx ngejwab… sambil kesipu-sipu gmna gitu muka aye… “ Tipe aye sih nyang simple aje Bang… (romantis abis pan panggilannx,ah…) aye mah orangnya kg macem2 Bang… Tipe aye tuh yang pendiem.. kalem.. kg macem2… (sejauh ini lancar” aje kan, tapi tiba”…) sikap badannya itu yang tegang ky serdadu lagi baris Bang.. klo ngomong suaranya monoton… ekspresi mukanye datar…”
Pas ngedenger aye ngmong gitu, si abang ngedip-ngdeipin mata kg beraturan gitu.. trus sibuk ehem-ehem sendiri aja… Aye mah belon sadar aja… aye permisi ke belakang mo ambil minum buat si abang… pas lagi nyelup”in teh di cangkir aye baru nyadar…. BUSYET!!! Tadi aye ngomong apaan ma si abang.. kynx ada yang aneh… wah sindrom kelamaan bikin tugas nih aye.. Langsung aje buru” aye nengokin si abang di depan… takutnya die kejeng”aje gitu… g taunye… si abang tlah tiada… gak lama kmudian ada sms di hape aye…
“Maaf neng.. abang pergi tanpa kabar… jangan cari abang dulu… jangan sms abang dulu.. abang mo kunjungan ke dokter jiwa… pengen nge-cek… bisa kg abang dikambuhin lagi penyakitnx.. soalnx abang yakin klo abang bisa menuhin tipe eneng klo abang sakit lagi… LUPH U NENG!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar